Senin, 02 April 2012

Virus dan Antivirus



1.      Pengertian Virus

Virus komputer merupakan sebuah software yang dapat merusak software atau file lainnya, dengan cara menggandakan dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam software atau file yang ada di dalam komputer. Cara kerja virus komputer sama halnya virus yang terdapat pada makhluk hidup. Sebagian besar, virus komputer dapat menyerang perangkat lunak berbasis sistem operasi Windows. Sebagian yang lain, virus komputer dapat merusak perangkat lunak berbasis sistem operasi GNU/Linux, Mac OS, bahkan tidak hanya perangkat lunak komputer namun sistem operasi Mobile seperti Symbian OS pun ikut terserang virus.
Efek dari virus komputer yang paling banyak dijumpai adalah membuat proses di dalam komputer menjadi lambat, rusaknya beberapa file atau software dan yang sangat membuat resah kebanyakan user komputer adalah rusaknya hardware biasanya media penyimpanan.

2.      Macam-macam Virus
a.      Worm
Worm adalah jenis virus yang tidak menginfeksi program lainnya akan tetapi merusak file atau program dalam suatu jaringan komputer. Virus ini dapat memperbanyak dirinya sendiri untuk memasuki komputer lain dalam satu jaringan. Biasanya virus ini digunakan oleh para hacker untuk membobol e-mail melalui website yang menyediakan feed.
b.      Trojan
Trojan adalah jenis virus berupa replika atau diplikat virus yang bersifat dapat mengontrol komputer secara otomatis. Misalnya komputer yang dimasuki trojan email. Trojan dimasukan dalam RATs (remote access trojans) dimana sebuah komputer dikontrol oleh program tertentu, bahkan beberapa trojan difungsikan membuka computer agar dapat dimasuki oleh computer dan diaccess dari jauh.
c.       Backdoor
Backdoor yang berarti “pintu belakang”, adalah jenis virus yang digunakan oleh beberapa hacker-hacker untuk merujuk kepada mekanisme yang mengizinkan seorang peretas sistem dapat mengakses kembali sebuah sistem yang telah diserang sebelumnya tanpa harus mengulangi proses eksploitasi terhadap sistem atau jaringan tersebut, seperti yang ia lakukan pertama kali. Biasanya digunakan untuk mengakses sistem, aplikasi, atau jaringan, selain dari mekanisme yang umum digunakan (melalui proses logon atau proses autentikasi lainnya). Disebut juga sebagai back door. Backdoor pada awalnya dibuat oleh para programer yang pada umumnya digunakan untuk membenarkan dan memperbaiki kode di dalam program yang mereka buat ketika sebuah crash akibat bug terjadi.
Beberapa pengembang perangkat lunak menambahkan backdoor ke dalam program buatannya untuk tujuan merusak (atau tujuan yang mencurigakan). Sebagai contoh, sebuah backdoor dapat dimasukkan ke dalam kode di dalam sebuah situs belanja online (e-commerce) untuk mengizinkan pengembang tersebut memperoleh informasi mengenai transaksi yang terjadi antara pembeli dan penjual, termasuk di antaranya adalah kartu kredit.
Contoh backdoor adalah NetCut, yang dapat digunakan di dalam sistem operasi Windows ataupun UNIX.
d.      Malware
Malware adalah jenis virus yang diciptakan untuk merusak software atau sistem operasi dengan cara merncari kelemahan dalam software atau sistem operasi tersebut.
Contoh malware adalah Virus, Worm, Wabbit, Keylogger, Browser Hijacker, Trojan Horse, Spyware, Backdoor, Dialer, Exploit dan rootkit .
e.       Spyware
Spyware adalah perangkat lunak yang mengumpulkan dan mengirim informasi tentang pengguna komputer tanpa diketahui oleh si pengguna itu. Informasinya bisa yang tidak berbahaya sampai yang merugikan seseorang misalnya pencurian nomor kartu kredit atau bahkan nomor PIN untuk e-banking dan password suatu akun. Penyebaran spyware mirip dengan Trojan. Contohnya, flashget. Ketika flashget yang dipakai belum diregister, flashget bertindak sebagai spyware. Coba saja hubungkan diri ke internet, jalankan flashget yang belum diregister, cuekin computer beberapa saat, pasti muncul jendela internet explorer yang menampilkan iklan suatu situs.

3.      Antivirus untuk Mengatasi Virus
Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan perangkat lunak antivirus. Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer, asalkan basis data virus komputer yang dimiliki oleh perangkat lunak antivirus telah mengandung kode untuk menghapus virus tersebut. Berikut ini adalah contoh antivirus yang biasa digunakan masyarakat untuk  mengatasi virus-virus diatas.

a.      Bitdefender Antivirus
 Antivirus yang satu ini sangat efektif dalam membasmi program jahat yang menginfeksi perangkat komputer kita. Fitur-fiturnya adalah mampu membasmi Worm, Trojan, Spyware, Malware, Rootkit dan masih banyak lagi yang lain. Support untuk OS Windows XP, Windows Vista, Windows 7 untuk 32 atau 64 bit.
b.      Kaspersky Antivirus
Antivirus ini mampu membasmi virus OOMPA-A / Leap-A yang menyerang Operating System Mac OS. Kemampuan yang lain adalah terdapat web protection dan pendeteksian dalam USB Flash Disk.
c.       Webroot Antivirus
Antivirus ini memiliki kemampuan mendeteksi worm, trojan, spyware, malware, bahkan dapat melindungi komputer saat terkoneksi dengan internet.
d.      Norton Antivirus
Antivirus ini terdapat dua versi yaitu Internet Security dan untuk melindungi komputer. Kemampuannya yang menjadi kebanggaan masyarakat adalah mampu memperbaiki registry pada OS berbasis Windows. Antivirus ini menjadi terkenal ketika kemampuannya untuk mengatasi virus Melisa yang berupa Spyware pada tahun 1999 yang diciptakan oleh Daud L. Smith.
e.       ESET Nod32 Antivirus
Antivirus ini sangat efektif untuk membasmi virus MyDoom yang menyelinap di Backdoor yang membuat Google selalu menerima jutaan pencarian yang mengakibatkan crash. 

f.       AVG Antivirus
Antivirus ini tergolong dalam daftar Antivirus yang handal. tersedia dua versi yaitu yang gratis dan berbayar. Untuk sekedar peralatan pribadi, kita sepertiya masih cukup menggunakan antivirus yang free edition. tetapi jika ingin menginginkan yang lebih bisa juga mencoba yang premium. Antivirus ini tersedia versi online instalation dan offline instalation. Tersedia untuk OS Windows XP, Vista, Windows 7, dan ada juga untuk GNU/Linux. Fitur-fiturnya adalah terdapat email protection, internet protection dan rootkit protection.

g.      Avira Antivir
Antivirus ini adalah antivirus yang tekenal di masyarakat yang memiliki kemampuan pendeteksian dan perlindungan yang sangat bagus di mata masyarakat pada umumnya. Tersedia versi free dan pemium. Mendukung untuk OS Windows, ada juga versi untuk OS Symbian.

h.      Vipre Antivirus
Antivirus ini memiliki kelebihan dalam membasmi virus yang bernama Nimda dan bersistem backdoor yang penyebaran yang begitu cepat kepada server-server internet. OS yang terdukung adalah Windows XP, Windows Vista dan Windows Seven.

i.        Trend Micro Titanium Antivirus
Antivirus ini mampu mengatasi komputer yang diserang virus The Klez yang terkenal tanpa lelah pada tahun 2001 yakni menyerang melalui email yang menyebabkan komputer berhenti bekerja.

j.        McAfe Scure Antivirus
Adalah antivirus untuk membasmi virus Love yang berektensi *.vbs yang dibuat oleh Onel de Guzman dari Filipina. Penyebaran virus ini melalui email.
Itulah beberapa antivirus yang terkenal di masyarakat untuk melindungi komputer mereka dari serangan virus yang mematikan sistem komputer. Pada dasarnya, antivirus diatas memiliki fungsi yang sama. Namun, yang paling penting agar antivirus di atas dapat berfungsi dengan baik adalah perlunya pembaruan virus database dari antivirus diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Poskan Komentar Anda