Minggu, 08 April 2012

Membuat Program Kalkulator Sederhana Dengan Java Berbasis GUI

Untuk pada kesempatan ini, saya akan berbagi ilmu dasar dalam pemrograman java. Seharusnya yang saya bagikan untuk pertama kali adalah berbasis konsol, namun belum sempat menyusun tutorialnya. Sempat kebingungan dari dulu tentang Java (kita sebut saja bahasa jawa) yang berbasis GUI (Graphical User Interface), setelah belajar Delphi saya mencoba utak-atik Java kembali yang sebelumnya sempat terfakum akibat MLS (malas). Okay, langsung saja tanpa panjang lebar lagi kita langsung menuju ke pokok bahasan pada posting kali ini. Untuk toolsnya saya menggunakan Netbeans 7.0 yang lebih mudah dipahami bagi pemula seperti saya ini.
Buat project terlebih dahulu, caranya klik menu file-new project->Java->Java Application, beri nama project kemudian klik ok. Untuk langkah yang pertama adalah membuat form terlebih dahulu seperti pada gambar dibawah... Caranya klik kanan <default package> pada project browser kemudian klik new-> JFrame Form baru buat menyusun seperti dibawah.

Setelah form selesai dibuat, kita akan membuat event dari masing-masing action dari button. Caranya klik kanan pada Button pilih event->Action->actionPerformed.
Pada gambar diatas adalah contoh ketika akan membuat event apabila button minus (-) untuk pengurangan di klik. Kemudian tambahkan listing kode seperti dibawah.

int a,b;//tipe data integer
    a=Integer.parseInt(jTextField1.getText());//mengubah string menjadi Integer
    b=Integer.parseInt(jTextField2.getText());jTextField3.setText(Integer.toString(a-b));
//mengubah integer menjadi string
Untuk event button x dan +, itu tinggal mengganti variabel dan mengganti operator aritmatikanya yaitu untuk x dengan * dan tambah dengan +. Untuk yang pembagian (:), actionPerformed-nya seperti ada dibawah ini,
double c,d;//tipe data pecahan 
double e; 
c=Double.parseDouble(jTextField1.getText());d=Double.parseDouble(jTextField2.getText()); 
e=c/d;
jTextField3.setText(Double.toString(e));

Kemudian event untuk Button Clear adalah seperti dibawah ini.
jTextField1.setText(" ");
jTextField2.setText(" ");// TODO add your handling code here:
jTextField3.setText(" ");
Untuk form yang di tambahkan Button "Close", kodingny adalah cukup ditambahkan :
System.Exit(0);

Semoga Bermanfaat.

 Agar lebih jelasnya file-nya bisa di unduh disini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Poskan Komentar Anda